Kamis, 02 Agustus 2012

GALAU...

"The Lord doesn't always remove the sources of stress in our lives, but He's always there and cares for us. We can feel His arms around us on the darkest night." Salah satu renungan yang menginspirasi saya menulis malam ini sungguh nyata dalam kehidupan kita. Renungan itu mengingatkan lagi, kalau Tuhan selalu ada di sekitar kita, mengawasi dan memperhatikan.
Betul, Tuhan tidak selalu menyingkirkan sumber masalah dalam kehidupan kita, namun Ia selalu dan senantiasa ada dalam kehidupan kita, memperhatikan dan menuntun kita agar dapat mengatasi masalah itu sendiri, "sebelum Ia turun tangan" tepat pada waktunya. Ingat, Tuhan tidak pernah terlambat untuk ikut-campur, bukan?
Kadang kita memang seperti orang yang tersesat di tengah jalan yang terang. Namun, itulah manusia yang sarat dengan segala kekurangan.  Kala susah, selalu ingat Tuhan, kala senang 'seringkali' lupa kalau Tuhanlah yang punya andil terbesar dalam kesenangan itu. Tuhan memang Maha Pencipta. Termasuk menciptakan masalah sebagai ujian bagi manusia untuk menyelesaikannya dan memberi kesenangan untuk dinikmati. 

Kalau boleh mengibaratkan, Tuhan itu seperti pabrik gembok, menciptakan gembok yang kuat sehingga tidak bisa dibongkar, tapi pabrik gembok pasti juga menciptakan kuncinya. Tuhan tidak tidak selalu menyingkirkan masalah dari hidup, tapi Ia juga memiliki jalan keluarnya. 
Ada seloroh lebih tepat menggambarkannya. "Try Jesus. If you don like Him, the devil will love to take you back..." Haaah, seperti lagu Madu dan Racun ya, tinggal terserah Anda mau pilih yang mana. Pilihan yang mana lebih baik tentu segera tergambar dari analogi itu. 
Sebagai seorang Katolik taat, tentu kita tahu, jalan mana yang akan kita pilih. Menerima masalah dan mencoba mengatasinya sebaik mungkin akan lebih baik daripada mengumpat dan malah memperkeruh keadaan, sehingga lupa kalau Tuhan memegang kunci pembuka masalah kita itu.
Istilah populer anak muda sekarang, bila ada masalah pasti disebutnya, "Ah, kamu sedang galau nih..." Mari kita lihat dari perspektif yang positif. Kalau kita sedang GALAU karena suatu masalah, janganlah melihat masalah dan penyebab galau itu, tapi lihatlah GALAU dari perspektif positif: "God Always Listening And Understanding." Itu karena Tuhan selalu ada di sekitar kita. Do your best and let God do the rest...
Hm, mudah-mudahan itu bisa membuat saya tidur nyenyak malam ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar