Minggu, 19 Agustus 2012

Lebaran Style di Tugas Misa

Sebuah pemandangan menarik terjadi di tugas Misa pada Minggu 09.30 pagi di Santo Laurensius Alam Sutera. Para perempuan cantik di Clara Fortin Choir yang saat itu bertugas koor mengenakan kerudung beraneka warna. "Bunda Maria juga berkerudung, bukan? Kenapa kita harus segan mengenakan kerudung?" tukas seorang anggota.
Memang, umat jadi melihat sesuatu yang lain di Minggu pagi itu. Kebetulan hari itu memang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Kalau Paus Benedictus XVI memberi selamat kepada saudara-saudara kita umat Muslim lewat maklumat yang diumumkan Pastor, Clara Fortin Choir juga punya cara tersendiri untuk menyampaikan rasa toleransi itu.
Penampilan yang 'tidak biasa' itu ternyata diimbangi oleh sempurnanya tugas yang diemban oleh Clara Fortin Choir. Lagu-lagu SATB dari Puji Syukur dan pilihan lagu lainnya, Persembahan Hati dan A Clare Benediction pun mengalir sempurna. "Puas... kita menjalankan tugas dengan amat baik. Seperti inilah harusnya sebuah paduan suara, bisa membawa umat menjadi lebih khusuk berdoa dan ikut bernyanyi memuji Tuhan," kata seorang anggota.
Persembahan Hati dan A Clare Benediction yang praktis dilatih secara simultan hanya selama dua hari 'tampaknya' memukau para umat, terlihat dari banyaknya orang yang ikut menyanyikannya, minimal melirik ke arah paduan suara. Inti sebuah paduan suara yang tugasnya mengajak umat untuk ikut bernyanyi pun dapat dilaksanakan dengan baik. Kalau menurut Romo Sangker di tugas misa Sabtu (16/8) - ah, di misa ini pun Clara Fortin Choir juga tugas lho - fenomena mudik memang juga dialami oleh umat Katolik. Setiap minggu, kita diajak "mudik ke gereja", pulang ke rumah Tuhan dan melakukan kontemplasi atas apa yang sudah dilakukan selama satu minggu ke belakang.
Romo Nono juga mempertegas hal itu di khotbahnya. Beliau mengatakan, Tuhan telah menyediakan semuanya untuk kita, agar kita selalu berkecukupan. Makanan dan minuman rohani dalam rupa roti dan anggur merupakan sesuatu yang bisa kita dapatkan jika kita mudik ke gereja dan mengikuti Misa Sakramen Ekaristi, karena pada saat Ekaristi merupakan puncak dari seluruh kegiatan rohani di dalam sebuah misa.
Ah, pas sekali dengan semua lagu yang dibawakan Clara Fortin Choir...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar